BEBERAPA JENIS APLIKASI E-COMMERCE YANG ADA DAN SERING DIGUNAKAN DI INDONESIA

E-commerce atau perdagangan elektronik adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan ajsa melalui sistem elektronik seperti, Internet, Televisi dan jaringan komputer lainnya. Sederhanya E-commecrce ialah tempat bertransaksi baik itu produk ataupun jasa, dimana proses transaksi yang dilakukan pun berbeda dengan transaksi yang dilakukan secara langsung (tatap muka).

Di Indonesia sendiri perkembangan e-commerce semakin meningkat seiringnya peningkatan dunia Teknologi Informasi , dan terdapat banyak sekali e-commerce di Indonesia dengan target pasar yang berbeda-beda, dan jenis yang berbeda pula. Berikut beberapa contoh dan jenis e-commerce yang ada di Indonesia


BUSINESS TO BUSINESS (B2B)

Jenis e-commerce ini adalah dimana perusahaan menawarkan produk atau jasa yang dimilikinya ke perusahaan lain, maka dari itulah, model ini biasanya melakukan transaksi dengan jumlah yang besar. Misalnya penjualan peralatan industri dan alat elektronik rumah tangga.



elevenia merupakan salah satu contoh e-commerce dalam jenis B2B, situs belanja online ini menggunakan konsep open marketplace di Indonesia. Situs elevenia.co.id resmi diluncurkan pada tanggal 1 Maret 2014. Beroperasi deibawah naungan PT XL Planet yang merupakan sebuah perusahaan joint venture antara PT XL Axiata, Tbk, dan SK Planet dari Korea Selatan. Produk-produk yang ditawarkan situs ini terbagi dalam 8 kategori, antara lain : Fashion, Beauty/Healths, Baby/Kids, Home/Garden, Gadget/Komputer, Elektronik, Sports/Hobby, Service/Food.

Target pasar yang diincar oleh elevenia yaitu kaum muda yang memahami mekanisme e-commerce dan tanggap akan pertumbuhan teknologi

Adapun langkah-langkah proses transaksi di situs elevenia, sebagai  berikut :


1. Cari produk yang kamu inginkan di elevenia


2. Klik "Beli Sekarang" untuk melanjutkan pembayaran




3. Pada laman berikutnya isi Alamat Pengiriman, Email, Nomor telepon dan catatan penerima, serta memilih metode pembayaran yang diinginkan, setelah semua terisi dengan benar klik "Bayar Sekarang" dan pesanan telah selesai.

Diatas merupakan penjelasan salah satu contoh e-commerce dengan jenis B2B dan bagaimana transaski di situs tersebut dilakukan, berikutnya mari kita menuju jenis e-commerce selanjutnya.


BUSINESS TO CONSUMER (B2C)

Jenis ini bisa dikatakan cukup populer di Indonesia, dimana dari perusahaan menjual barang atau jasa kepada konsumen, caranya lebih mudah, konsumen bisa mendapatkan barang langsung dari produsen.

Di Indonesia terdapat beberapa e-commerce dengan jenis ini, antara lain :

1. Lazada


Lazada Group adalah perusahaan e-commerce Asia Tenggara yang didirikan oleh Rocket Internet dan Pierre Poignant pada tahun 2012, dan dimiliki oleh Alibaba Group pada tahun 2014. Lazada mengoperasikan situs-situs di Indonesia, Malaysia, Singapura, Thaildan, Filipina, dan Vietnam.
Produk yang ditawarkan pada situs ini sebagian besar adalah barang-barang elektronik seperti Laptop, Smartphone, TV, serta peralatan rumah tangga.

Segmentasi pasar yang dituju oleh situs ini yaitu, Karyawan/Pekerja. Ibu rumah tangga dan perusahaan (sebagai pembanding).

Berikut langkah-langkah transaksi pada situs Lazada.


1. Cari produk yang ingin dibeli



2. Klik "Beli Sekarang" untuk order pesanan


3. Masukan alamat pengriman, lalu Klik "Buat Pesanan"



4. Konfirmasi data pengiriman sudah benar atau belum, jika sudah dirasa benar klik "Buat Pesanan"



5. Pilih metode pembayaran dan proses pemesanan produk pun selesai.


2. Shopee


Shopee adalah situs e-commerce yang berkantor pusat di Singapura dibawah naungan SEA Group, yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li, Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauanya ke Malaysia, Taiwan, Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Filipina. Kategori produk-produk yang ditawarkan pun cukup banyak seperti Elektronik, Food, Sports, Health, dan masih banyak lagi. Namun SHopee sendiri lebih fokus kepada kebutuhan-kebutuhan perempuan seperti produk kecantikan dan fashion

Segmentasi pasar yang dituju oleh situs ini yaitu perempuan. Hal ini dikarenakan pengguna e-commerce di Indonesia didominasi oleh perempuan, terutama perempuan usia muda. Maka dari itulah, Shopee lebih memfokuskan pada produk kecantikan dan fashion.

Berikut langkah-langkah transaksi pada situs Shopee.



1. Cari produk yang ingin dipesan


2. Jika sudah menemukan produk yang ingin dipesan, Klik "Beli Sekarang"


3. Tambah alamat pengiriman


4. Pilih metode pembayaran, jika sudah klik "Buat Pesanan" dan pesanan pun berhasil dibuat


CONSUMER TO CONSUMER (C2C)

Jenis e-commerce ini sangat populer di Indonesia, yang dimana konsumen individu dapat menjual mapunun membeli produk konsumen lainnya. situs e-commerce dengan jenis inilah yang bisa dibilang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Admin akan memberikan 2 contoh e-commerce dalam jenis ini yang ada di Indonesia, yaitu :


1. OLX


Pada 20 Mei 2014, Tokobagus.com berubah nama menjadi OLX Indonesia , adalah situs web iklan baris di Indonesia yang difokuskan untuk membeli dan menjual produk serta jasa secara daring. Jika dilihat sekarang produk-produk yang paling banyak terdapat di OLX kendaraan-kendaraan bekas, baik mobil sampai motor. Namun terdapat produk-produk lain juga yang ada di situs ini dalam keadaan bekas maupun baru

Target pasar yang ditujupun adalah orang orang yang ingin membeli produk bekas dengan kualitas bagus namun dengan harga murah dan bisa di nego.

Berikut langkah-langkah transaksi pada situs  OLX.



1. Cari produk yang ingin dibeli


2. Jika sudah, klik "Chat dengan penjual"



3. Pada laman chat dengan penjual ini, anda bernegosisasi soal harga, pilih metode pembayaran dengan transfer maupun COD (Cash On Delivery), namun Admin tidak mensarankan melakukan pembayaran dengan Transfer dan melakukan pengiriman dengan jasa ekspedisi, dikarenakan pihak OLX tidak memiliki prosedur komplain jika terjadi penipuan atau barang tidak sesuai. Dan setelah dead maka proses transaksi pun selesai.


2. Bukalapak


Bukalapak merupakan salah satu perusahaan e-commerce di Indonesia. Didirikan oleh Achmad Zacky, Nugroho Herucahyono, dan Muhamad Fajrin pada tahun 2010, Bukalapak awalnya merupakan toko daring yang memungkinkan para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dapat merambah ke dunia maya. Produk yang dijual pun cukup lengkap, Mulai dari Elektronik, Alat olahraga, Fashion, sampai Peralatan rumah tangga.

Target pasar dari Bukalapak sendiri yaitu, Orang-orang yang ingin menjual produknya dengan mudah tanpa harus memikirkan kendala waktu dan tempat, jika dilihat dari sisi si penjual. Dan jika dilihat dari sisi si pembeli tentunya pembeli ingin membeli suatu produk dengan cepat dan mudah.

Berikut langkah-langkah transaksi pada situ Bukalapak.


1. Cari produk yang ingin dibeli


2. Klik "Beli sekarang" pada produk yang ingin dibeli


3. Isi data lengkap pembeli, jika sudah klik "Pilih metode pembayaran"


4. Jika anda memilih metode transfer klik "Bayar" dan pesanan pun selesai dibuat.



Demikian infromasi yang dapat Admin sampaikan, sebenarnya masih ada beberapa jenis e-commerce jika membahasnya secara menyeluruh, namun Admin disini hanya memberikan beberapa contohnya yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, semoga informasi yang Admin sampaikan bermanfaat bagi kalian, jika ada kekuarangan dan kesalahan saran dan kritik yang membangun sangat Admin harapkan.

Jika ada ada yang ingin kalian sampaikan, bisa tulis di kolom komentar dibawah.

Terima kasih :)


Komentar

  1. Apakah kaskus termasuk e-commerce juga min? -merasa bingung-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibilang bukan karena pada dasarnya Kaskus bukan situs yg difokuskan untuk transaksi jual beli, sama kaya Facebook, dia ga bisa langsung dibilang e commerce juga gitu, cmiiw :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SENGKETA IKEA SWEDIA DENGAN IKEA (Intan Khatulistiwa Esa Abadi)